Day 05. Glasgow. Edinburgh.

On Megabus to Glasgow. 06:10am.
Sepanjang jalan semalem saya kebangun sering banget, rasanya sayang banget gitu jauh-jauh jalan tapi tidur. Hehe. Kalo nggak mimpi sih semalem kayaknya lewat Manchester, cieeee keren banget kayaknya hahhaha.
Nah pagi ini saya kebangun lagi, masih di bus dan kayaknya udah di Scotland. Litya masih tidur, dan saya bersyukur saya kebangun karna pemandangannya baguuuuuussss banget. Ah ini masi kayak mimpi. Di kanan matahari mulai terbit, kabut tebel, saya liat jarak pandang supir juga sempit, dan tampaknya ini semacam jalan tol gitu, atauuu jalan antar kota aja tapi muluus. Di sebelah kiri, ini pemandangan yang biasanya cuma saya liat di film, atau di ilustrasi buku gitu versi item putih nya. Bener adanya. Sepanjang jalan hamparan bukit-bukit kecil penuh rumput, bunga sesekali, dan pohon di beberapa titik. Terus sekali-kali keliatan rumah, plus jalan kecil menuju rumahnya, rumah yang keliatannya ada peternakan kecil di sekelilingnya gituuu. Huhuuuuu ini foto banget. Bagus bangeetttt... Pengen nangis. Sayang kamera saya nggak canggih buat moto pas gerak. Suhu diluar 1 derajat bok.


Sekarang saya mau cerita dulu kenapa akhirnya saya dan Litya bisa ke Glasgow. Awalnya sih yang pasti di UK kita harus ke London, tapi secara ada jatah waktu beberapa hari, jadi masih bisa nyelipin waktu ke kota lain, yang saya lirik Edinburgh. Tapiiii berkat rajin nyari tiket murah pake Megabus, bus murah gitu buat antarkota di UK, suatu hari saya liat tiket London-Glasgow cuma 1 Pound, iya promo, sampe nggak percaya ngeliatnya juga. London-Glasgow itu perjalanan kira-kira 9 jam, berangkat malem nyampe pagi. Terus setelah diliat liat Glasgow-Edinburgh cuma kira-kira sejam, dan banyak bus kesana. Tiket balik dari Edinburgh ke London besoknya juga murahhhh. Jadi aja nambah berenti di Glasgow! yay! Selamat datang di perjalanan 1 Poundsterling! :D


Buchanan Bus Station.

Stasiun bus nya Glasgow, nyampe disini dingin bangetttt, tapi udah naik jadi 4 derajat. Masih pagi dan penuh kabut. Sampe di stasiun saya ama Litya duduk-duduk bentar ngeregangin badan, terus ke toilet cuci muka sama gosok gigi. Hidup traveler banget yah yah. Terus untungnya di stasiun dan penitipan barang yang baguuus, jadi backpack kita titipin di stasiun, secara jam 2 udah harus kesini lagi buat berangkat ke Edinburgh.






In front of Buchanan Bus Station. 08:21 am.

Keluar stasiun kita duduk-duduk dulu di bench panjang gitu, nikmatin kota, nikmatin udara dingin. Ini baru diluar negriiiiiiiii, di London belum kerasaaa. Baru di depan stasiun aja udah ngerasa Glasgow bagus bangettt, penuh bangunan tua. Tampaknya Scotland banget. Di depan kita ada gedung gede yang udh lumayan moderen, Glasgow Royal Concert Hall.


 

mari mulai jalan jalan..























Tapiiii, ups, ketemu Starbucks. Dingin, ngopi, plus nge-charge tampaknya enaaaak hehe. Ditambah sekalian nyari mug kecil Starbucks koleksinya Litya, dan ada dong, versi Scotland sama Edinburgh tapi, yang Glasgow ngga ada.


Mari jalan-jalan lagi..









 



St. George Square.

Look how beautiful.





 

Lanjut..





 

Tiba-tiba di jalan kecil nemu ini, ternyata design & architecture centre gitu. Terus naik ke Mackintosh Tower yang ada di dalemnya, Glasgow from the top!






 


Gallery of Modern Art.


 

lanjut...
ini suara bagpipes pertama yang saya denger..



























Bye bye for now Glasgow, let's move to Edinburgh!



At Royal Mile Backpacker's. 3:30 pm.

Edinburgh tampaknya sama bagusnyaaaa, masih didominasi sama gedung-gedung tua. Berkabut sekarang, senduuu banget kotanya, entah karna cuacanya emang semi hujan rintik-rintik atau emang begini. Tadi saya jalan kaki dari stasiun sama Litya, mayan jauh juga, tapi gampang banget ditemuin hostelnya. Begitu masuk langsung disambut ramah sama mbak-mbak resepsionisnya. Hotelnya lucuuuukkkk. Beberes badan sama barang sebentar, saya langsung keluar lagi pengen jalan liat-liat kota, Litya katanya mau tidur dulu sebentar, nanti jam 5 saya balik ke hostel lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 




















Royal Mile/ High Street.

Royal Mile ini jalan yang tampaknya ngebelah Edinburgh. Terkenal banget, pusat turis juga kayaknya, setengah bagian jalan ini cuma buat pejalan kaki. Jadi banyak banget yang bikin atraksi di tengah jalan, ngamen berbagai cara. Sore ini walaupun sendu tapi rame banget jalan ini. Hostel tempat saya nginep, jendela di kamarnya langsung ke Royal Mile, recommended banget. Hampir semua foto yang saya ambil cuma disepanjang jalan ini. Jalannya miring, sebelah bawah saya nggak tau berujung dimana, tapi sebelah atasnyaaaa, nggak sadar aja dong tiba-tiba udah sampai di ujung paling atas dan itu ternyata Edinburgh Castle. Kewl.















 


Outside Edinburgh Castle.



 

 




Tidak ada komentar