Day 06. Edinburgh.

At McD St.Andrews. 3.46 pm.
Pagi-pagi tadi bangun langsung ke dapur, ngopi ama litya, sambil wi fi an sebentar, packing, terus check out dari Royal Mile Backpackers, tapi tetep nitip rucksack soalnya kita malem bgt baru naek bus ke london. Diluar ternyata abis ujan.. Dan masi sedikit rintik rintik.. Kita jalan ke arah bawah Royal Mile masuk museum sama nyari postcard dll.

Museum of Childhood.
Tempatnya pas bgt di depan hotel, tinggal nyebrang, masuk masuk disuguhin souvenir lucu lucu, emang UK tukang rampookk! Akhirnya yaaaa lagi lagi cuma beli postcard, dan pensil kali ini. Didalemnya bagussss banyak banget mainan anak anak mulai dari boneka, board game, outdoor game, dan macem macem! Bahkan sampe ke merek" diapers jaman dulu ada disitu. Banyak diorama jg tentang anak anak di Scotland, lumayan serem, hehe ditambah sound anak anak lagi pada maen, mendukung pisssan. Si museum dari luar emg keliatan kecil kayak satu ruko doang, tapi ternyata dalemnya gede dan belok belok, kayanya begini emg tipikal rumah rumah disini. Overall, bagus!

 
Museum of Edinburgh.
Isinya, kayak museum biasa sih, sejarah tentang edinburgh, lumayan komplit juga, dari mulai kotanya, orang orangnya, peninggalan sejarah, keramik, perhiasan, barang" kerajaan, dll. Yang menarik dan pengen punya adalah bagian badge badge kerajaan dan polisi yang baguusss bgt. Kalo perhatiin yah, si museum di edinburgh hampir selalu punya activity room, disini ada kostum org Edinburgh yang bisa dipake buat foto, nggak akan kelewat ama kita, hehe.










The People's Story Museum.
Isinya tentang orang orang dan kegiatannya di Edinburgh. Kebanyakan diorama, sampe ada diorama penjara berikut tahanannya, tukang cuci, tukang bersih-bersih, pengemis, tukang binding buku, percetakan, dll. Yang bagian percetakan kereeeeen.. Banyak plat plat cetak gt, berikut hasil cetakannya. Oh ada satu display yang isinya tentang roti disini dari jaman dulu, berikut packagingnya. Gila, dari jaman kapan udah keren.


 

Lanjut jalan lagi, balik ke arah atas Royal Mile, si Royal Mile ini, ternyata jalan yang dulu saya denger ngebelah dua Edinburgh, daaann di dua ujungnya ada kastil! Keren abis. Nah karna kastil yang bawah kayanya masi jauh, jadi kita ke Edinburgh Castle yang di bagian utara. Rame ternyata yang jalan ke atas, karna hari sabtu juga kali ya. Sampe atas, ternyata walaupun gerimis cuaca lebih bagus dr kemaren, at least ga berkabut, jadi keliatan deh Edinburgh dari atas.. Foto foto dikit, trs ke pintu kastil, eh ternyata masuknya bayar £14, mati aja. Kemon deh turun. Oya, dari atas ternyata keliatan laut, baru inget kalo Edinburgh dipinggir laut, sayang, bagus dimata hilang dikamera!

 
















Camera Obscura.
Semacam Museum gt, dideket Edinburgh Castle. Masuk shopnya dannnnnn ngerasa kerampok lagi! Gilaaaaa banyak barang kecil kecil yang gatel pengen dibeli! Banyak mainan ilusi mata gt, sialan. Akhirnya bela belain beli mainan kayak teropong kecil yg cuma 99pence ama pensil. Hahaha. Terus bayarnya pake receh sampe 20 koin ada kali. Heeeeeeee. Ini hasil si mainan, rada rada kayak kaledoiskop gt....

















Masih gerimis, tas udah lumayan basah juga ini makannya neduh sambil minum kopi di McD.

At Royal Mile Backpackers. 08.21 pm.
Lagi makan nasi hasil microve an, di dapur sambil nunggu waktu yg pas buat brangkat ke terminal bus. Diluar masi terang, tadi sebelum sampe kesini sempet muter" Edinburgh untuk terakhir kalinya, cuacanya passss! Matahari sorenya bagus bgt! Perfect, disini ketemu kabut, ujan, dan matahari bagusss.. Btw ada toko buku murah bikin bangkrut di princess street, namanya The Works. Masa Footprint bisa cuma £2!

On Megabus to London. 10.58 pm.
Abis nginjek Scotland, ternyata emang kerasa bgt mereka ini kepisah ama England. Disini kesannya bangga bgt kalo mereka itu emg Scotland, bukan England. Bendera dimana mana, kilt dimana mana, bahkan si motif kotak kotak itu sampe jadi bahan jok bus kota nya. Hahah. Oya dan Scotland punya uang kertas sendiri, tetep sama poundsterling, tapi Scotland money. yang bikin keren dari Glasgow dan Edinburgh adalah arsitekturnya.. Kerennnn! Gedung gedungnya masih belum kesentuh modern"an gt, masi asli.. Secara keseluhan, Scotland keren bangeeeet! I'm in looove with Scotland, really, someday we will come back again!
Goodbye Edinburgh :D

Tidak ada komentar