Day 9. London. Dover. Calais. Gent. Brussels. Antwerpen. Heeland. Dusseldorf. Duisberg. Essen. Brussel.

On a ferry Dover-Calais. 01:19am. Waktu Prancis.
Ferry penyebrangannya ternyata gedeeee bgt, ini lebih mirip gedung bergerak kalo kata sayah. Hehe. Dan Litya cuma pernah naik ferry ya disini ini, tunggu lit.. sampe lo nyoba ferry penyebrangan Banda Aceh-Sabang! Hahha besinya aja udah karatan semua!

Ferry UK - France.
Si ferry banyak banget ruangannya, penuh tempat duduk enak dan luas, ada coffe shop, bar, toko souvenir ama toko buku, sampe keeee ruangan mainan yang penuh mesin dingdong sampe ke ddr! Haha.. ddr disini 1£, ga nyoba tapi euy. Nyebrangnya ternyata ke Prancis, sebelum naik jg si imigrasi nyetempelnya Prancis sih, untungnya gada masalah sama visa Schengen sayah, masalahnya cuma Litya tadi hampir ditinggal bus di imigrasi, hahah dia kira udah abis orangnya.
















Oh ya, sambung tentang si couple yang having such a great time di bus, si cowok charming itu nyapa saya pas ngantri di imigrasi, nanya dari mana, sayah bilang dari Indonesia. Terus mbak mbak imigrasi manggil dia, berenti lah ngobrolnya, eek. Tapi tenang, begitu naek ke bus lagi dia cerita kalo dia punya temen baik orang Indonesia, namanya Susanti, temen pas dia kuliah di UK, dia org UK btw. Lanjut lah dia nanya nanya kita ngapain study apa traveling, trs dia nanya kita mau kmana aja.. Sumpah ini cowok charming luar biasaaaa..! Sayangnya kita pisah di Brussels, dia masih terus naik bus, entah mau kemana..

Sampe di Brussel Hbf jam 5 pagi, emang ternyata rada serem di Brussel, sayah ama Litya saling jaga dan parnoan, hehe. Gimana engga, mau turun bus aja si supir ngingetinnya hati hati barang bawaan, di Brussel ga aman. Nyeeeee. Mana nyampe terminal masi rada gelap dan sepiii.. Nunggu counter Eurolines ke Essen buka deh..

Sepanjang perjalanan, dari Brussel-Essen (bagian yang nggak tidur) disuguhin petak petak tanah warna warni gt, ada yang tanah abis digarap, rumput, kebon bunga, trs disela selanya berdiri tegak kincir kincir angin yang tiga kincir (aduh gimana ngejelasinnya) warna putih gede bgt gituuu.. Bagoooosssss

In front of Essen Hbf. 4:47pm.
Lagi nunggu bus ke Brussel di depan stasiun, di emperan Jerman, hehehe. Sumpah beneran ini di emperan. Hari ini panjang, kita ngelewatin 5 negara: UK, Prancis, Belgium, Nedherland, ama Jerman, asooooiii bet, demi ngunjungin Red Dot Museum di Essen, kota kecil di arah barat laut Jerman. Eh ini abis makan semacam sandwich tapi isinya ikan mentah, enyaaaaaakkkk!



Essen.
Kotanya nggak terlalu gede, tapi enak deh, fasilitasnya lumayan, museum juga dia punya banyak, nggak sempet jalan banyak sih, secara target kita emang cuma mau ke Red Dot yang jadi Red Dot kedua dan terakhir kita setelah Red Dot Singapur(ternyata Litya juga udah pernah ke yg di Singapur). Sampe di Essen Hbf tadi siang jam 12 kurang seperempat (busnya telat 45menit). Ngopi Starbucks bentar, sambil nyoba wifi an yang sayah selalu gagal, langsung naik tram ke Red Dot. Si tram lucu, keretanya slim, terus pendek bgt, cuma 2 gerbong apa ya.. Jalur ke Red Dot kebetulan lewat daerah perumahan gt, sebagian toko dll, enak dah beneran daerahnya, nggak terlalu rame..

 
 
Red Dot Museum Germany.
Gedungnya ternyata di semacam kompleks gt, ada museum, kafe, observatory, gallery, gt lah.. Red Dot ini cuma salah satu gedung disitu, daaaan sama skali ga ada sign kalo disitu ada Red Dot. Beda sama yang di Singapur yang bener bener mamerin dia punya Red Dot, dan didalem Red Dot Traffic Building yang beneran merah mencrang, yang ini merahnya rada butek. Masuk, front desk dll interionya baru, terang, masuk ke ruang pamer, jeng jeng.. disuguhin mobil digantung yang selalu keluar kalo googling, si gedung ini kayaknya udah ada dari jaman perang atau apa gt, kayak bengkel raksasa gt, penuh sama besi besi mesin atau saluran besi.. rada kecewa si ngeliat lantai pertama yang kalo menurut saya ama Litya sih kurang kegarap, banyak bagian yg terlalu kosong. Lantai berikut-berikutnya menurut saya lumayan bagus.. (Sampe lantai 5) emang ruang pamer nya agak nggak biasa karna naik turun tangga besi, tapi lumayan unik. Barang barangnya.. Yah versi Red Dot Singapur tapi lebih komplit lah ya..


 
On Eurolines Essen - Brussels. 21:12pm.
Baru abis berenti istrahat bentar, skrg udah jalan lagi menuju Brussels. Btw pas di London, orang baca Brussel = brassels, sementara kearah belanda jerman prancis, mereka bacanya = bruksel..
Oya, jam sini (eropa daratan) lebih cepet satu jam dari London, jadi bedanya ama Indonesia cuma 5 jam.

Tidak ada komentar